Inode Full, Apa itu Inode..? Berikut Penjelasannya..!

ITLampung.Com - Mungkin bagi anda yang memiliki cPanel License VPS pernah mengalami kejadian tidak bisa login ke WHM karena server tidak bisa lagi membuat file session, yang disebabkan karena penuhnya Inode.

Contoh pesan error :
"The system failed to open the session file “/var/cpanel/sessions/raw/:dcLw2kao42KQTSSr” because of an error: No such file or directory at /usr/local/cpanel/Cpanel/Session.pm line 275, <GEN21> line 2."

Inodes IUsed 100%
Untuk melihat jumlah inode gunakan command df -i. 

Apakah yang dimaksud dengan Inode .?

Kutipan resmi dari Knowledge Base HostMop, menerangkan inode sebagai berikut :
"....inode merupaka struktur data yang digunakan untuk menyimpan informasi tentang sebuah file di hosting account Anda. Jumlah inode mengindikasikan jumlah dari file dan folder yang Anda punya. Ini termasuk semuanya di dalam akun Anda, email, file, folder atau apapun yang Anda simpan di server Anda..."

Informasi lengkap bisa dilihat disini : 

Terkait dengan ketentuan kuota, secara teknis dan policy tiap provider hosting domestik atau international berbeda-beda sesuai dengan pertimbangan dan kebijakannya masing-masing.

Mengapa Perlu Pembatasan "Inode"?
Poin utamanya adalah untuk mengontrol penggunaan resources server dari eksploitasi yang berlebihan dari suatu pengguna atau akun hosting dengan tetap memberikan fleksibilitas bagi pengguna akun hosting untuk memanfaatkan space mereka tanpa batas. Filosofi bijaknya adalah "kebebasan yang bertanggung jawab atau kebebasan yang terkendali".. (Asli ini dapat minjem bahasa birokrat.. :65:)

Jadi dalam praktisnya, bagi pengguna, lebih baik memiliki file yang berukuran besar di banding file yang banyak.. (Sederhananya, biar pengguna hosting rajin kontrol jumlah file mereka, dan bersih - bersih file temporary.. :15:)

---
Dikutip dari website http://www.diskusiwebhosting.com/threads/mengenai-ketentuan-inode.4193/ Author : Arkanium

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inode Full, Apa itu Inode..? Berikut Penjelasannya..!"

Post a Comment

Tinggalkan jejak agan dihalaman komentar dibawah ini.. Jangan lupa :)

- ITLampung.Com