Forwarding Port 80 ke Web Server Jaringan Local

Forwarding Port 80 ke Web Server Jaringan Local - ITLampung.Com - Pada umumnya keterbatasan IP Public yang menyebabkan sesorang melakukan Forwarding Port atau Virtual Port, karena jika kita menggunakan IP Public IPv4 dari pihak ISP hanya diberikan 1 IP Public, dan bisa request penambahan IP Public (ada tambahan biaya tiap bulannya)

Pada artikel sebelumnya pernah dijelaskan cara Forwarding Port CCTV menggunakan Router Mikrotik, dan cara konfigurasi port forwarding web server yang ada di jaringan LAN pada dasarnya adalah sama.

Adapun yang perlu diperhatikan adalah port/protocol yang akan diforward.

Contoh Lapangan.


SOAL :
  • Saya memiliki domain itlampung.com, dan dari DNS server sudah diarahkan A record ke IP Public 111.203.204.1 (IP Public Mikrotik) sementara server berada dijaringan LAN Mikrotik dengan IP 192.168.1.2, 

PERTANYAAN :
  • Bagaimana konfiguriasi di router mikrotik, agar server yang berada pada jaringan LAN 192.168.1.2 bisa diakses..?

JAWAB :
  • Lakukan perubahan pada IP Service, defaultnya untuk halaman default web page mikrotik adalah 80, silahkan ganti ke 88.
  • Selanjutnya buat sebuah rules di firewall nat, sbb
  •  
  • Pastikan rules yang dibuat berada dibawah "Rules Nat Masquerade" 

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Forwarding Port 80 ke Web Server Jaringan Local"

  1. Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul " Forwarding Port 80 ke Web Server Jaringan Local " .
    Saya juga mempunyai artikel yang sejenis dan mungkin anda minati. Anda dapat mengunjungi di Pusat Studi Elektronika by Universitas Gunadarma

    ReplyDelete

Tinggalkan jejak agan dihalaman komentar dibawah ini.. Jangan lupa :)

- ITLampung.Com